Soal Latihan pelajaran Tata Negara Tahun 2019
Untuk persiapan Ujian Akhir semester, Nasional, UNBK Dan SBMPTN SMA/MA/SMK
1. Negara merupakan organisasi keraasyarakatan yang bertujuan mengatur serta menyelenggarakan masyarakat yang terdiri atas jabatan-jabatan. Pernyataan ini adalah pengertian negara ditinjau dari segi ...
A. organisasi kekuasaan
B. organisasi politik
C. organisasi kesusilaan
D. organisasi rakyat
E. organisasi sosial
2. Perbedaan antara ilmu negara dengan ilmu tata negara terletak pada ...
A. kerangka ilmunya
B. konsep pengetahuan
C. ruang lingkup
D. latar belakang
E. kaitannya dengan iilu lain
3. Terbentuknya negara Jerman tahun 1990 adalah sebagai contoh terjadinya negara secara "faktual" melalui …
A. pendudukan
B. penyerahan
C. pencaplokan
D. pembentukan baru
E. peleburan
4. Menurut Jean Jacques Rousseau, kontrak sosial yang bersifat "Volonte de tous" pada terjadinya negara, apabila ...
A. saat kepala negara diganti
B. pelaksanaan pemilihan umum
C. perubahan konstitusi negara
D. saat negara diproklamasikan
E. penyerahan mandat kepada penguasa
5. Tujuan negara menurut teori Shang Yang adalah ...
A. menciptakan negara yang aman dan sejahtera
B. membentuk kekuasaan sebesar-besarnya
C. mengatur kehidupan negara yang tertib
D. membatasi kekuasaan di daerah-daerah
E. menciptakan perdamaian dunia yang abadi
6. Berikut ini fungsi-fungsi negara sebagai usaha mencapai tujuan negara, kecuali ...
A. kepemilikan
B. pembangun bangsa
C. adil dan makmur
D. pengatur negara
E. pertahanan negara
7. Perbedaan antara penduduk dengan bukan penduduk terletak pada ...
A. domisili
B. pekerjaan
C. keturunan
D. agama
E. jabatan
8. Dua konsepsi kelautan pada zaman dahulu menimbulkan masalah internasional tentang batas wilayah laut suatu negara adalah ...
A. maritim dan kontinental
B. landas benua dan kontinen
C. Nusantara dan archipelago
D. zona ekonomi dan territorial
E. res nullius dan res communis
9. Contoh wilayah ekstra territorial Indonesia sebagai salah satu unsur negara adalah ...
A. kapal Indonesia yang berlayar di Nusantara
B. pulau-pulau kecil dari negara Indonesia
C. pulau-pulau Indonesia yang belum ada penghuni
D. kantor dan halaman kedutaan besar Indonesia di Malaysia
E. kantor dan halaman kedutaan besar Amerika Serikat di Jakarta
10. Kedaulatan suatu negara tetap ada, sekalipun pemegang kedaulatan sudah berganti. Sifat kedaulatan itu menurut Jean Bodin adalah ...
A. asli
B. bulat
C. permanen
D. terpusat
E. tidak terbatas
11. Perbedaan pengakuan de facto dan de jure tentang terbentukhya negara adalah bahwa pengakuan de facto berdasarkan ...
A. kenyataan dan de jure berdasarkan hukum internasional
B. hukum nasional dan de jure berdasarkan hukum internasional
C. hukum internasional dan de jure berdasarkan kenyataan
D. deklaratif dan de jure berdasarkan konstitutif
E. perjanjian multilateral dan de jure berdasarkan perjanjian internasional
12. Daerah-daerah lebih bahyak bersifat pasif karena menunggu perintah dari pemerintah pusat. Pernyataan ini merupakan kelemahan dari bentuk negara ...
A. kesatuan dengan sistem desentralisasi
B. federasi dengan adanya negara bagian
C. kesatuan dengan otonomi daerah
D. kesatuan dengan sistem sentralisasi
E. federasi dengan sistem dekonsentrasi
Dari bagan (skema) di atas, maka bentuk pemerintahan oleh seorang yang sewenang-wenang sehingga jauh dari cita-cita keadilan, ditunjukkan pada nomor ...
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V
14. Kebaikan demokrasi dengan sistem parlementer adalah ...
A. pemerintah selama jabatannya tidak dapat dijatuhkan DPR
B. stabilitas politik dan pemerintahan lebih terjamin
C. pemerintah punya waktu untuk melaksanakan programnya
D. pemerintah tidak dibayangi dengan adanya krisis kabinet
E. pengaruh rakyat terhadap politik pemerintah besar sefcali
15. Sistem Pemerintahan
Dari tabel di atas, maka perbedaan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer terletak pada …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
16. Pemilihan umum merupakan penyerahan hak dari rakyat kepada pemerintah dengan tidak dapat diwakili kepada siapapun. Pernyataan ini sesuai dengan ...
A. aturan kampanye
B. hak pilih aktif
C. prinsip demokrasi
D. asas langsung
E. hak pilih pasif
17. Perbedaan pembagian kekuasaan dengan pemisahan kekuasaan adalah pembagian kekuasaan mempunyai arti ...
A. distribusi kekuasaan, sedangkan pemisahan kekuasaan "Trias Politika"
B. trias politika, sedangkan pemisahan kekuasaan "Checks and Balances"
C. ciri khas Inggris, sedangkan pemisahan kekuasaan Amerika Serikat
D. pemerintahan liberal, sedangkan pemisahan kekuasaan sosialis
E. sistem Eropa, sedangkan pemisahan kekuasaan sistem Amerika
18. Negara hukum menurut pengertian yang terkandung dalain UUD 1945 adalah ...
A. menjaga ketertiban dan keamanan seluruh warga negara
B. menjaga dan menindak para pelanggar aturan hukum
C. memberikan pelayanan seluas-luasnya hak asasi manusia
D. menempatkan hukum berada dalam kehidupan masyarakat
E. melindungi, mensejahterakan, dan mencerdaskan bangsa
19. Salah satu unsur negara hukum menurut A.V. Dicey , adalah ...
A. supremasi aturan hukum
B. semua undang-undang tertulis
C. pemisahan kekuasaan
D. peradilan tata usaha negara
E. pemerintahan secara demokrasl
20. Hak asasi manusia bersifat universal artinya ...
A. berlaku bagi seluruh negara-negara yang merdeka
B. berlaku hagi umat manusia dengan persepsi yang sama
C. pernyataan yang banyak ditulis dalam berbagai dokumen
D. kewajiban bagi negara yang merdeka mengakui hak asasi
E. tercantum dalam piagam pendirian PBB
21. Tonggak sejarah modern tentang pengakuan hak asasi manusia yang menyatakan kekuasaan raja harus dibatasi terdapat dalam ...
A. Declaration des droits de L'home et Du citoyen
B. The Four Freedoms of Rosevelt
C. Piagam Magna Charta
D. Habeas Corpus Act
E. Declaration of Indpendence of America
22. Perlakuan yang manusiawi terhadap seseorang yang dituduh melakukan tindakan kejahatan termasuk dalam pengakuan hak asasi manusia dalam bidang ...
A. political rights
B. social rights
C. procedural rights
D. personal rights
E. culture rights
23. Istilah yang digunakan dalam pengertian politik untuk kegiatan tertentu dalam m'encapai suatu tujuan adalah ...
A. kekuasaan
B. kebijaksanaan
C. gerakan
D. perjuangan
E. revolusi
24. Segala kegiatan manusia tidak dapat dilepaskan dengan masalah negara yang berkaitan dengan warga negara pribadi (private citizen). Kenyataan ini menunjukkan bahwa manusia adalah ...
A. objek politik
B. warga negara
C. partisipasi politik
D. konflik kepentingan
E. insan politik
25. Wakil-wakil yang terpilih dalam anggota parlemen, kurang diketahui oleh pemilihnya karena menunjukkan lemahnya fungsi partai politik sebagai ...
A. komunikasi politik
B. rekruitmen politik
C. sosialisasi politik
D. pengatur konflik
E. partisipasi politik
26. Suatu kelompok masyarakat dalam negara menginginkan perubahan, tetapi tidak ikut serta dalam pemilihan umum disebut ...
A. partai politik
B. kelompok penekan
C. gerakan
D. kelompok kepentingan
E. organisasi masyarakat
27. Suatu negara yang masyarakatnya majemuk (heterogen) umumnya menggunakan sistem kepartaian …
A. partai tunggal
B. dua partai
C. multi partai
D. partai dominan
E. partai kompetitif
28. Perhatikanlah data informasi berikut ini!
1. Setiap suara turut diperhitungkan.
2. Wakil lebih dekat dengan pemilihnya
3. Lebih sesuai dengan masyarakat heterogen
4. Mendorong penyederhanaan partai secara alamiah
5. Partai kecil dapat menempatkan wakilnya di parlemen
Berdasarkan data di atas, kebaikan sistem proposional dalam pemilihan umum ditunjukkan pada nomor...
A. 1, 2, dan 4
B. 1, 2, dan 5
C. 1, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 5
E. 2, 3, dan 5
29. Pengertian proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 dilihat dari sudut ketatanegaraan adalah ...
A. peristiwa sejarah bagi suatu bangsa yang baru merdeka
B. munculnya keadilan dan berakhirnya penderitaan
C. lahirnya pernyataan hak asasi manusia Indonesia
D. sumber hukum, pembentukan negara kesatuan
E. pengumuman kepada dunia bahwa Indonesia telah merdeka
30. Arti Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah ...
A. dasar negara pengatur pemerintahan
B. pedoman berbagai bidang kegiatan bangsa
C. gambaran sikap dan peritaku manusia Indonesia
D. cita-cita hukum bangsa Indonesia
E. perjanjian luhur bangsa Indonesia
31. Persetujuan wakil-wakil rakyat untuk membela dan mempertahankan serta melestarikan Pancasila selama-lamanya disebut fungsi Pancasila sebagai ...
A. jiwa bangsa Indonesia
B. kepribadian bangsa Indonesia
C. perjanjian luhur rakyat Indonesia
D. cita-cita bangsa Indonesia
E. tujuan bangsa Indonesia
32. Susunan dan sistem pemerintahan negara yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 adalah ...
A. ikut serta memelihara ketertiban dunia
B. negara melindungi kepentingan umum
C. negara memajukan kesejahteraan umum
D. susunan negara dalam undang-undang dasar
E. negara republik yang berkedaulatan rakyat
33. Makna yang terkandung dalam alinea kedua Pembukaan UUD 1945 adalah ...
A. kemerdekaan itu bukanlah akhir perjuangan
B. membebaskan diri dari penjajahan
C. kehidupan yang berkeseimbangan
D. usaha pemerintah untuk kesejahteraan umum
E. kemerdekaan itu adalah kebebasan yang bertanggungjawab
34. Pertanggungjawaban Presiden mengenai pelaksanaanGBHN adalah ...
A. wewenang MPR sebagai lembaga tertinggi negara
B. kewajiban MPR sebagai pemegang kedaulatan rakyat
C. usul DPR yang disampaikan kepada MPR
D. tugas MPR yang dinyatakan dalam UUD 1945
E. wewenang fraksi yang terbesardi MPR
35. Keanggotaan MPR sebagai penjelmaan dari seluruh rakyat Indonesia adalah ...
A. hasil dari pemilihan umum yang LUBER
B. sesuai dengan lapisan sosial masyarakat Indonesia
C. menggambarkan kemajemukah masyarakat Indonesia
D. berasal dari anggota DPR, utusan daerah, dan golongan
E. menunjukkan tingkat kecerdasan masyarakat Indonesia
36. Menurut amandemen pertama UUD 1945 dalam Sidang Umum 1999, Presiden berhak mengajukan usul rancangan undang-undang. Hal ini merupakan kekuasaan ...
A. eksekutif
B. federatif
C. yudikatif
D. eksaminatif
E. legislatif
37. Menyusun kebijaksanaan penerimaan dan penggunaan bantuan luar negeri dan penanaman modal bersama dengan lembaga-lembaga negara merupakan tugas dari ...
A. Badan Koordinasi Penanaman Modal
B. Departemen Keuangan
C. Badan Perencana Pembangunan Nasional
D. Kantor Menteri Sekretariat Negara
E. Kantor Menteti Negara Ekuin
38. Pertimbangan bagi Presiden dalam membentuk lembaga negara non-departemen adalah …
A. berdasarkan saran-saran yang disampaikan oleh DPA
B. tugas-tugas Presiden yang diamanatkan oleh GBHN
C. banyaknya tugas yang diemban oleh menteri negara
D. hasil keputusan dari sidang kabinet pimpinan Presiden
E. sesuai dengan usul yang disampaikan oleh DPR
39. Tugas yang dapat diserahkan kepada daerah sebagai pelaksanaan otonomi seluas-luasnya adalah …
A. pemberdayaan ekonomi rakyat
B. pemeliharaan pertahanan keamanan
C. menstabilkan nilai mata uang
D. membuat kebijaksanaan mpneter
E. melakukan hubungan diplomatik
40. Hukum yang berlaku hingga saat ini dalam suatu masyarakat tertentu disebut hukum ...
A. subjektif (pribadi)
B. objektif (kekayaan)
C. positif (ius Constitatum)
D. formal (material)
E. waktu (his constituendum)
41. Kewajiban orang tua mengurus kehidupan anaknya yang belum dewasa termasuk dalam hukum ...
A. perkawinan
B. waris
C. harta
D. keluarga
E. perseorangan
42. Dalam proses pengadilan, apabila terhukum mengajukan grasi, berarti terhukum ...
A. tidak menerima keputusan pengadilan
B. menerima vonis dengan tidak puas
C. menggugat keputusan pengadilan
D. tidak puas dengan keputusan pengadilan
E. meminta keringanan hukum
43. Wewenang Mahkamah Agung dalam bidang legislatif adalah ...
A. melakukan peradilan tingkat kasasi
B. menguji secara materil peraturan pemerintah
C. mengadili perkara pada tingkat terakhir
D. mengusulkan perubahan undang-undang dasar
E. mengadili perkara yang melibatkan anggota DPR
44. Kedudukan DPR menurut UUD 1945 adalah kuat. Hal ini dapat dilihat dari ...
A. DPR mengawasi pemerintah dan tidak dapat dibubarkan Presiden
B. DPR mempunyai kekuasaan membuat undang-undang
C. DPR mengajukan pertanyaan kepada Presiden
D. DPR dapat menyampaikan memorandum kepada Presiden
E. DPR dapat menolak anggaran yang diajukan pemerintah
45. Lembaga negara Republik Indonesia Serikat yang mempunyai kekuasaan membuat peraturan perundangan adalah …
A. Presiden
B. menteri
C. DPA
D. MA
E. DPR
46. Kedudukan badan konstituante menurut UUDS 1950 adalah ...
A. sebagai lembaga legislatif di samping DPRS
B. bersama DPRS memilih dan mengangkat Presiden
C. sebagai pelaksana kedaulatan rakyat
D. bersama pemerintah selekasnya menetapkan UUD RI
E. bersifat sementara sebelum terbentuknya MPRS
47. Isi yang terdapat dalam diktum Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah ...
A. menyelenggarakan pemilihan umum yang demokratis
B. menyusun lembaga-lembaga, pemerintahan daerah
C. mengaktifkan badan pemeriksa keuangan
D. menyusun kabinet kerja yang pertama
E. membentuk dewan pertimbangan agung sementara
48. Berikut ini prinsip-prinsip yang terkandung dalam Demokrasi Pancasila, kecuali ...
A. keseimbangan antara hak dan kewajiban
B. keutamaan dalam kebebasan politik
C. persatuan nasional serta kekeluargaan.
D. mewujudkan keadilan sosial
E. mengandung cita-cita nasional
49. Fungsi organisasi sosial politik adalah ...
A. menyalurkan pendapat dan aspirasi pimpinan
B. sebagai suatu lembaga swadaya masyarakat
C. sebagai wadah untuk mendidik masyarakat
D. menyalurkan semangat kekeluargaan dalam organisasinya
E. menyalurkan aspirasi masyarakat dan hak politik rakyat
50. Penambahan asas pelaksanaan pemilihan umum pada masa reformasi tahun 1999 adalah ...
A. legitimasi
B. demokratis
C. jujur dan adil
D. musyawarah
E. jujur dan merata
51. Alasan negara-negara yang warga negaranya sering melakukan emigrasi lebih menyukai asas sanguinis untuk menentukan status kewarganegaraannya adalah ...
A. mengembangkan perekonomian di luar negeri
B. mengembangkan budaya di luar negeri
C. membaur dengan masyarakat internasional
D. menyebarkan penduduk ke luar negeri
E. membela negara dan membayar pajak
52. Kehilangan kewarganegaraan menurut UU No. 62 tahun 1958 dapat disebabkan oleh ...
A. mendirikan perusahaan di luar negeri
B. menyimpan kekayaan di luar negeri
C. membawa modal yang besar ke luar negeri
D. memiliki paspor dari negara lain
E. menetap dalam waktu yang lama di luar negeri
53. Negara Indonesia dapat melakukan naturalisasi istimewa kepada orang asing, apabila ...
A. mendirikan perusahaan besar di Indonesia
B. berjasa-bagi negara Indonesia
C. pernah tinggal lama di Indonesia
D. mendapat persetujuan dari DPR
E. mempunyai keturunan di Indonesia
54. Politik luar negeri Republik Indonesia yang bebas dan aktif mengandung makna ...
A. menghentikan ketergantungan kepada negara lain
B. menghindari keterlibatan dalam konflik internasional
C. mencintai kemerdekaan dan anti penjajahan
D. prihatin atas penjajahan dalam segala bentuknya
E. mencintai semua bangsa dalam satu perjuangan
55. Yang tidak termasuk tugas dan fungsi kedutaan besar RI di negara penerima adalah ...
A. melindungi kepentingan negara RI di negara penerima
B. meningkatkan persahabatan di negara penerima
C. mengadakan perundingan dengan negara penerima
D. melaporkan kepada pemerintah RI tentang negara penerima
E. dapat memberi sanksi kepada WNI di negara penerima
56. Perwakilan konsuler dapat melaksanakan fungsi perwakilan diplomatik apabila ...
A. perwakilan diplomatik belum ada
B. duta besar tidak ada di tempat
C. jumlah perwakilan konsuler lebih dari satu
D. perwakilan konsuler berada di ibukota negara penerima
E. sedang terjadi pergantian pemerintahan di negara pengirim
57. Hukum internasional publik disebut juga dengan hukum ...
A. antarnegara
B. bersifat umum
C. perdata internasional
D. perjanjian internasional
E. kebiasaan mtemasional
58. Dilihat dari jumlah peserta perjanjian internasional dapat digolongkan kepada ...
A. bilateral dan regional
B. multilateral dan regional
C. regional dan kolektif
D. bilateral dan multilateral
E. bilateral dan unilateral
59. Istilah yang digunakan untuk perjanjian internasional yang mengatur masalah-masalah tambahan adalah ...
A. modus vivendi
B. proses verbal
C. final act
D. pertukaran nota
E. protokol
60. Prinsip utama ketaatan negara-negara terhadap perjanjian internasiohal adalah ...
A. retroactivity
B. teritorial scope
C. pacta sunt servanda
D. successive treaty
E. full powers
61. Proses pembuatan perjanjian internasional dilaksanakan melalui ...
A. perundingan, penandatanganan, dan ratifikasi
B. perundingan, ratifikasi, dan penandatanganan
C. perjanjian, traktat, dan ratifikasi
D. ratifikasi, perundingan, dan penandatanganan
E. perjanjian, pendahuluan, dan traktat
62. Apabila tujuan perjanjian internasional itu telah tercapai maka perjanjian tersebut dinyatakan ...
A. diamandemen
B. berakhir
C. ditangguhkan
D. dibatalkan
E. telah dilanggar
63. Contoh organisasi internasional yang bersifat regional adalah ....
A. IMF
B. WTO
C. UNICEF
D. MEE
E. UNDP
64. Lembaga dalam struktur ASEAN yang bertujuan merumuskan garis kebijaksanaan sesuai dengan Deklarasi Bangkok adalah ...
A. sekretariat nasional negara anggota
B. sidang kepala-kepala pemerintahan
C. pertemuan kepala-kepala negara
D. panitia tetap dan komite-komite
E. sidang tahunan menteri luar negeri
65. Setiap negara yang suka damai dan menerima piagam PBB dapat diterima menjadi anggota atas usul dari ...
A. negara bersangkutan
B. dewan perwalian
C. dewan keamanan:
D. mahkamah internasional
E. sekretariat jenderal
66. Runtuhnya ideologi komunis dan bubarnya Blok Timur, implikasinya terhadap Gerakan Non-Btok adalah ...
A. relevan karena tujuannya ingin meningkatkan kesejahteraan manusia
B. bergesernya keberadaan organisasi internasional yang bersifat regional
C. para anggotanya telah memfokuskan kepada dialog selatan-selatan
D. berakhirnya gerakan karena dasar perjuangannya telah tercapai
E. peranannya telah berkurang dibandingkan organisasi internasional lainnya
67. Mengatur hubungan dengan perusahaan minyak asing atau negara ketiga merupakan tujuan dari ...
A. aspek ekonomi OPEC
B. aspek politik OPEC
C. negara-negara minyak non OPEC
D. negara-negara teluk produsen minyak
E. negara Indonesia sebagai anggota OPEC
68. Kerjasama ekonomi regional yang mengawali berdirinya Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) adalah ...
A. perjanjian pasaran bersama batu bara dan baja se Eropa
B. rencana Komisi Spaak dalam usaha integrasi Eropa
C. berdirinya Badan Tenaga Atom Eropa (Euratom)
D. terbentuknya pasaran bersama Eropa (Common Market)
E. dorongan enam negara-negara Eropa membentuk pasaran bebas
69. Masalah ekonomi regional Asia Tenggara yang mendapat perhatian dialog negara-negara APEC adalah ...
A. membentuk blok perdagangan dunia
B. meningkatkan ekonomi negara anggota
C. membentuk proteksi perdagangan
D. mendirikan pasar bersama Asia Pasifik
E. membendung barang industri negara maju
70. Permasalahan utama negara-negara berkembang dalam bidang ekonomi adalah ...
A. stabilitas yang kurang terkendali
B. kurangnya pertumbuhan ekonomi
C. sulitnya pembayaran hutang luar negeri
D. proteksi yang berlebihan negara maju
E. pemerataan pembangunan dalam negeri